apakah benar melanox berbahaya?

Apkah benar melanox berbahaya? Dan akhirnya saya dapet info bahwa melanox memang obat untuk menghilangkan flex hitam atau noda pada wajah. Namun melanox ini mengandung zat yang bernama “Hidrokuinon” .. ternyata oh ternyata Hidrokuinon mempunyai efek dapat mencerahkan kulit, namun dikatakan dapat menyebabkan gagal ginjal dan okronosis (kulit menjadi berflek warna biru abu-abu). Hidrokuinon dapat menyebabkan efek samping bila digunakan konsentrasi tinggi, seperti 10 persen. Konsentrasi yang biasanya digunakan oleh dokter adalah 2-5 persen, dan dari penelitian terbukti bahwa konsentrasi tersebut hampir tidak pernah menimbulkan okronosi, apalagi gagal ginjal.  Dahulu hidrokuinon dengan kadar 2 persen boleh dijual bebas, namun sekarang badan POM melarang PENJUALAN BEBAS hidrokuinon dalam kadar berapa pun (bukan melarang hidrokuinon). Karena ada pihak-pihak yang merasa terusik dengan peraturan baru dari badan POM, timbulah pemberitaan oleh pihak tersebut yang menjelek-jelekkan hidrokuinon. Kadar  HQ <2% dari beberapa literature internasional tidak terlalu efektif dalam mengatasi flex jenis melasma.

Ga Cuma noda jerawat dink! Noda tomcat juga. Malah sekarang noda tomcatnya udah hilang ga bersisa. Yipppie!

Mau tau rahasianya? Pake Melanox. Aku pake Melanox yang Hidroquinon 2%. Pasti pada merinding ya dnger Hidroquione? Yup, memang belakangan ini lagi gembar-gembor kosmetik yang mengandung hidroquinon/mercury ditarik dari peredaran. But do you know? Kandungan di Melanox ini Cuma 2% which is dalam kadar aman.

Jujur, pertamanya emang takut. Apalagi efek samping di tulisannya banyak bener >< Tapi, setelah aku browsing dan Tanya sama Mbak Mizha yang puinterrr dan terpercaya ituuuuh, aku udah ga takut lagi deh. Tapi tetep, aku meminimalkan penggunaan produk ini. Aku pakenya hanya pada noda jerawat dan tomcat ku yang parah banget kemaren itu. Aku baca, katanya HQ itu menyebabkan ochronosis

Aku Tanya deh sama mbak Mizha, ‘’ bener ga sih mbak kalo 2% bisa bkin okronosis? Aku udah pake selama 6 hari  ><’’
Mbak Mizha menjawab:
Klo dari jurnal yg ku baca, Hq itu akan menyebabkan ochronosis pada:
1. Konsentrasi sangat tinggi (10-20% atau diatas itu)
2. Digunakan dalam jangka waktu lama 
3. Digunakan dengan pemakaian luas (biasanya, orang2 yg pakai hq konsetrasi tinggu buat ngobatin vitiligo, nah vitiligo ini biasanya kan luas lesinya jadi makenya juga harus seluas itu juga)
4. Ochronosis baru ditemukan pada orang2 kulit hitam (negro), pada kaukasian dan asia belum ada laporan penelitiannya.

Klo dari penjelasan diatas, gak usah ditakutin Hq 2%. Itu rendah banget konsentrasinya, apalagi baru pake 6 hari, gak akan jadi ochronosis..