vitamin untuk ibu hamil yang berpuasa

Bolehkan ibu hamil berpuasa? tentu saja boleh asalkan memperhatikan kesehatannya. Nah, sari kurma bermanfaat untuk memproduksi zat hemoglobin dan sel darah merah. Sehingga akan melindungi ibu hamil dari kekurangan sel darah merah atau anemia. Jika keperluan zat besi jenis ini terpenuhi, maka peredaran darah ke seluruh tubuh akan lancar sehingga sari-sari makanan akan beredar ke seluruh tubuh akan lancar.

Salah satu makanan yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah kurma. Kurma adalah sumber vitamin alami untuk ibu hamil yang sedang berpuasa. Kurma mengandung hormon potuchin yang berfungsi mengikat bagian rahim dan otot rahim untuk membantu mengurangi pendarahan pasca melahirkan. Ada juga hormon oksitosin yang bisa membantu merangsang kontraksi pada bagian otot-otot rahim untuk mempermudah proses persalinan. Hormon oksitosin ini juga dapat membantu memacu adanya kontraksi pada pembuluh darah vena di sekitar daerah payudara ibu, sehingga akan memacu kelenjar air susu untuk menghasilkan ASI.

Kandungan serat pada sari buah kurma paling besar jika dibandingkan jenis buah-buahan lain. Kandungan seratnya bermanfaat untuk memperlancar proses pembuangan bab, sehingga pada saat persalinan tidak ada sisa-sisa makanan yang berbentuk tinja menumpuk di usus dan dapat memperlambat proses persalinan. Buah kurma juga memang khas dengan adanya rasa manis yang pekat. Bagi yang tidak suka makanan terlalu manis bisa menjadikan sebagai selai pada roti, memasukkan ke dalam susu atau meminumnya dengan tambahan air. Setelah mengkonsumsi sari buah kurma maka tubuh tidak mudah lelah. Sari buah kurma juga membantu agar nafsu makan bertambah sehingga di awal kehamilan ada pengganti makanan yang hilang karena muntah.