makanan sehat untuk ibu hamil muda

Ada mitos dimana ibu hamil katanya harus makan 2 kali lipat karena sedang ‘berbadan dua’. Padahal seharusnya adalah ibu hamil harus memakan makanan yang 2 kali memiliki kandungan gizi lebih tinggi dan bukan 2 kali lebih banyak jumlahnya. Bila ibu hamil makan secara berlebihan maka akan membuat menyebabkan tubuh menjadi gemuk sehingga sulit bergerak. Ibu hamil yang kegemukan juga belum tentu akan melahirkan bayi yang berbdana gemuk juga. Justru ibu hamil yang kegemukan malah akan mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Karena itu ibu hamil harus mengatur makanan yang dimakan, agar sesuai dengan tahap pertumbuhan sang calon buah hati.

Sayuran hijau memiliki banyak khasiat bagi ibu hamil. Sayur memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil karena terdapat kandungan vitamin A,C, juga K dan asam folat. Sayuran hijau yang paling bagus adalah jenis hijau tua seperti bayam karena juga bermanfaat untuk kesehatan mata si ibu hamil. Zat folic acid juga berfungsi untuk mempersiapkan rahim. Selain terdapat pada multivitamin, zat folic acid juga banyak terdapat pada sayuran brokoli, kembang kol, wortel, jagung, jeruk, jambu klutuk, alpukat, sereal berbahan gandum atau jagung.

Kacang juga memberi banyak manfaat bagi wanita hamil. Buncis juga merupakan salah satu sayuran yang terbaik jika dibanding dengan jenis sayuran lainnya yang sejenis karena buncis memiliki serat dan kandungan protein paling banyak. Protein yaitu jenis zat yang sangat penting bagi ibu hamil, karena serat merupakan jenis zat yang penting untuk wanita hamil. Selama masa sembilan bulan kehamilan biasanya mengalami gangguan saluran pencernaan yang melambat sehingga menimbulkan resiko sembelit. Serat yang banyak terdapat pada sayuran dapat membantu untuk mengatasi hal seperti ini. Buncis juga mengandung banyak jenis zat yang sangat bagus bagi pertumbuhan sang janin diantaranya zat folat dan kalsium. 

Makanan sehat bagi ibu yang sedang hamil harus memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna diantaranya karbohidrat, misalnya : nasi, roti, kentang, oatmeal. Lalu untuk protein ada ayam, sapi, telur, tahu, tempe, termasuk produk susu diantaranya susu, yogurt dan keju. Ikan salmon selain terkenal enak juga mengandung banyak zat yang sangat bagus bagi ibu hamil. Ikan salmon mengandung banyak protein dengan kualitas tinggi. Ikan salmon juga memiliki zat omega 3 lemak yang sangat berguna bagi kesehatan bayi dalam kandungan. Protein yang paling mudah diperoleh adalah telur. Telur sangat bagus bagi ibu hamil karena mengandung 90 kalori dalam satu butir telur. Selain  itu ada 12 vitamin lebih yang terdapat di dalam manfaat telur. Telur juga mengandung banyak sekali protein dan mineral. Telur kaya akan zat kolin yang mendorong pertumbuhan bayi serta kesehatan otak bayi dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi telur, baik untuk pertumbuhan otak bayi sehingga dianjurkan agar memperbanyak konsumsi telur.