nutrisi untuk ibu hamil muda

Pada usia kehamilan 5 bulan, calon bayi sudah bergerak aktif menendang dan mendengar suara dari luar kandungan. Pertumbuhan otak calon bayi sudah mencapai jutaan syaraf motorik sehingga mampu bergerak secara sadar. Sistem syaraf bayi dalam kandungan juga sudah makin sempurna termasuk lapisan kulit epidermis serta pembuluh darah kecil yang berada di bawah kulit. Bentuk jari kaki dan tangan kian sempurna

Selama masa kehamilan, nutrisi memegang peranan yang cukup penting untuk pertumbuhan bayi. Jenis gizi yang diperlukan pada usia kehamilan muda usia5ma seperti di usia kehamilan 1 - 9 bulan. Kalsium baik untuk pembentukan otot, syaraf, serta sel otak. Sedangkan mineral zinc untuk membantu pertumbuhan janin dan protein untuk pembentukan semua bagian tubuh. Kalori bermanfaat untuk tenaga bagi ibu hamil.

Asam Folat atau Folic Acid membantu meminimalisir resiko bayi lahir dengan kelainan tulang belakang. Asam Folat dapat diperoleh dari brokoli, kol, kacang-kacangan serta jeruk. Zat lainya adalah zat besi yang dibutuhkan untuk membawa tambahan oksigen lalu didistribusikan ke dalam sel-sel darah merah Ibu. Kekurangan zat besi menyebabkan terjadinya anemia atau kurang darah. Ibu menjadi mudah lelah, lesu, dan pucat.  Zat besi bisa di dapat dari daging yang berwarna merah, ikan, telur ayam, biji-bijian, sereal, roti, dan sayuran berdaun hijau. Ibu hamil juga bisa meminum suplemen zat besi bila perlu. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Zat lainnya adalah asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk membantu perkembangan sistim syaraf bayi Ibu. Untuk Ibu, asam lemak omega 3 berguna untuk mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi lemak omega 3 selama masa kehamilan, maka akan membuat bayi makin cerdas. Ikan yang berminyak seperti ikan sarden, ikan mackerel dan ikan salmon merupakan sumber  asam lemak omega 3 paling bagus. Jenis ikan tersebut memang mahal tapi biji-bijian seperti biji labu kuning dan biji bunga matahari juga mengandung lemak omega 3.